Ayo Bangkit ( Bagimu Negeri)

Momen 20 Mei sebagai momen peningkatan rasa nasionalisme perlu tetap dipelihara dan dijaga dalam sanubari insan warga negara indonesia dimana pun berada. Kebangkitan nasional sebagai tonggak sejarah kebangkitan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia adalah merupakan tiang pilar yang harus kita pagari dan lestarikan.

Dalam rangka mengenang dan membangkitkan gelora Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei penggemar sepeda tua di Kota Sibolga melakukan Touring Keliling Kota Sibolga pada tanggal 20 Mei 2008 yang lalu. Dengan touring kota yang dilakukan diharapkan para anggota Sibolga Gaeck Bicycle Club (SGBC) semakin menjiwai makna kebangkitan nasional tersebut juga menggugah rasa kebangsaan dari masyarakat. Kegiatan touring ini juga disponsori oleh Djarum Black. Setiap peserta mendapat baju warna hitam sebagai ciri khas Djarum Black.

Kegiatan touring mengambil titik kumpul dan start dari depan Kantor Walikota Sibolga / Lapangan Simaremare sekitar jam 07.40 WIB. Tampak diantara peserta touring Wakil Walikota Sibolga H.Afifi Lubis, SH, ketua SGBC H.Safwan Pohan, Soritua Hasibuan, Basyar Sibarani, Difa Advertising, Ujang, Ucok sepak bola, Sutopo Maeda, Abdi Chussi, Srasamaluddin, Rizal Fahri Lubis. Juga tampak Sutan Lubis, Nuzar Carmina, Abdul Rasyid Silitonga.

Peserta touring adalah anggota SGBC yang merupakan komunitas penggemar sepeda tua di Kota Sibolga yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat dan dari berbagai profesi yang berbeda.

Dan yang tak kalah menarik diantara perserta tampak juga seorang peserta wanita yakni Maya, dia adalah merupakan anggota wanita pertama dalam komunitas penggemar sepeda tua di Kota Sibolga, mungkin hal ini akan mendorong srikandi-srikandi selanjutnya untuk bergabung dalam SGBC.

Agar perjalanan tidak mendapat rintangan dan hambatan, dilakukan doa bersama.Sesuai dengan arahan dari Sekretaris SGBC jalur touring adalah : Start dari depan kantor walikota, Jl. Kapt Sitorus, Ade Irma Suryani, Dolok Martimbang, DI. Panjaitan, Sutoyo Siswomiharjo, SM.Raja, Jl. Kader Manik, Jl. MS.Sianturi, Jl.Rajawali, Jl. KH.Ahmad Dahlan, Jl.Bangau, Jl.Merpati, Jl.Jati, Jl.Mojopahit, Jl.R.Suprapto, Jl. Putri Runduk, Jl. S.Parman, Jl.Brigjen Katamso, Jl.Ahmad Yani, Jl.Diponegoro, kembali ke Jl SM.Raja –Tanggo Saratus (objek wisata Kota Sibolga).

Dengan mengenakan baju kaos yang di sisi belakangnya terdapat gambar sepeda ontheldan lambang dari pihak sponsor sekitar jam jam 08.30 WIB peserta singgah sebentar untuk sarapan pagi di jalan Bangau. Aneka makanan ciri khas masakan pesisir sajikan oleh penyedia sarapan pagi, ada mie gomak, nasi lamak, katupek bare plus minuman kopi dan teh manis hangat menambah suasana keakraban di antarapeserta. Musidi yang tampil dengan blankon tampak modis dengan kaca mata jadulnya juga Charlie Simanbela bersama pak dokter Tunggul Sitanggang sangat menikmati makanan yang terhidang menambah nafsu makan rekan-rekan onhtelis.

Rute perjalanan touring di Kota Sibolga berakhir di Tanggo Saratus yang memiliki suasana sejuk di kaki bukityang terletak di jantung Kota Sibolga. Bau gunung, air dan suasana lembab tercium dari aroma Tanggo Saratus sebagai ciri khas daerah pengunungan. Peserta melakukan foto bersama yang diabadikan oleh Thoib “Talkote” yang merupakan insan photografi berbakat. Tampak peserta menampilkan senyum terbaik masing-masing untuk diabadikan. Senyum kearaban dan persaudaraan sesama insan pecinta sepeda tua.

Selanjutnya peserta memajang dan memparkirkan sepeda ontel di pelataran parkir yang tersedia, tampak kesibukan peserta saling mengamati dan berkomentar tentang sepeda yang dimiliki ataupun sepeda kepunyaan rekan-rekan.Terdengar canda ringan dan penuh persaudaraan dari perserta touring menambah keakraban yang terjalin kendati matahari pagi sudah beranjak ke atas memancarkan sinar yang mulai panas menjelang siang.

Di Bawah bukit Tanggo Saratus acara dipandu oleh MC kawakan “Taufik” yang suaranya sudah akrab di masyarakat dan selalu mengudara di angkasa Sibolga. Sebagai pembawa acara kawakan beliau dengan humor dan cerdas dapat mencairkan suasana yang sebelumnya kelihatan terlalu tegang. Ogek Taufik mempersilahkan Sekretaris SGBC untuk memberikan kata sambutan.Sang sekretaris Zulkiflitak kalah lihai dalam menguasai keadaan yang berlangsung. Sekretaris Zulkifli memaparkan tentang program kerja komunitas pecinta sepeda tua kedepan, juga aksesoris mulai jaket,topi,sepatu dan baju kebesaran khas SGBC.

Dalam suasana hari kebangkitan nasional, ada satu momen yang sangat mengharukan dalam touring ini. Pak Nuzar mengajak peserta untuk menyanyikan lagu”Bagimu Negeri”. Peserta touring berdiri bersama menyanyikan lagu pembakar rasa nasionalisme tak ubanya seperti diberi bahan bakar gas elpiji yang harganya mulai membubung tinggi panas membara. Tampak rasa haru disetiap insan SGBC yang menyanyikan lagu tersebut dengan suara kompak kendati tidak pernah malakukan gladi sebelumnya sebagaimana group vokal group kebanyakan yang akan berlaga tanding. Dari raut wajah yang terpancar dapat ditangkap betapa cinta kita kepada bangsa dan negara ini dan siap mengorbankan jiwa dan raga. Dari bola mata peserta yang jernih kelihatan rasa nasionalisme yang mendalam dan membumi.

Ekspresi ini kelihatan betul dari wajah-wajah Rio Torusso, Budi MD, Iwan Jambak, Zaitul Ikhlas, Halim (peduli kota), Amir Hamzah, Amin Komputer dan rekan-rekan muda lainnya. Lagu Bagimu negeri dinyanyikan sampai tiga kali dengan penuh antusias dan semangat juang yang tinggi. Sungguh ini pengalaman yang sangat mengesankan dan tak terlupakan karena terbawa dalam suasana juang 45.

Rupanya panita sangat lihat dan pandai memadu acara. Untuk menghilangkan kejenuhan setelah bersepeda, peserta touring menikmati lantunan tembang-tembang manis yang mengalir dari Keyboard dan juga suara merdu biduanita. Rupanya peserta touring tidak mau ketinggalan, mereka juga menampilkan aksi-aksi panggung yang mempesona. Tanpa terasa semua peserta berjoget dan berdendang mengikuti alunan musik yang menggoyang dan menggetarkan jiwa apalagi pada saat Cici dan Adek pasukan dari tanggo saratus turut berdendang.Aksi dendang semakin menggelora setelah peserta menikmati acara santap makan siang bersama.
Akhirnya menjelang jam 14.00 saat matahari sudah di atas ubun-ubun, MC menyudahi acara, peserta kembali kerumah masing-masing untuk memulai aktifitas sehari hari dengan semangat “BAGIMU NEGERI JIWA RAGA KAMI”……….…!!!!

One response to “Ayo Bangkit ( Bagimu Negeri)

  1. ditengah hingar bingar n carut marut menyambut 1 abad kebangkitan bangsa…dimana Pemerintah kita dah mulai collaps mo njualin asset2-nya, ternyata SGBC mampu berperan positif dengan menunjukkan semangat memelihara nilai sejarah (sepeda tua), semangat berolahraga n semangat melakukan efisiensi penggunaan BBM. BRAVO SGBC !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s