MENSYUKURI NIKMAT DALAM MENGGAPAI RIDHO ALLAH

Tanpa terasa bulan Ramadhan, bulan penuh rahmat, maghfiroh dan pembebasan dari siksa neraka telah kita lalui. Ramadhan pergi seiring putaran waktu, membawa sejuta kesan dan kenangan bagi orang yang beriman dan dalam meningkatkan derajat ketaqwaannya. Kita berharap ibadah yang kita lakukan sebulan penuh tersebut merupakan ibadah dengan iman dan ihtisab, sehingga kita memperoleh ampunan-nya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“man shaama ramadhana imanan wah tisaban ghufira lahu ma taqaddama min dzanbihi”.

Siapa yang menjalani puasa ramadhan dengan keimanan dan berharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya akan terampuni.

Puasa di bulan ramadhan telah mendidik kita untuk menahan lapar, haus, serta perilaku fisik lain yang dapat membatalkan-nya. Ini pelajaran berharga bagi ummat islam sebagai modal yang besar dalam menapaki perjalanan hari-hari yang akan datang dengan lebih baik. Setidak-tidaknya, tiga pelajaran berharga dari ramadhan dan puasa yang kita peroleh. Pertama; membuat ummat islam menjadi pribadi yang tangguh dan berdisiplin. Kedua; menjadikan ummat islam menjadi pribadi yang peka dan tanggap secara sosial. Ketiga; menjadikan ummat islam siap lahir dan bathin untuk berbuat baik dan bijaksana terhadap masyarakat sekitarnya.

Ramadhan tahun ini telah kita lalui dengan memperoleh berbagai pengalaman yang berharga, dan hendaknya dapat kita ambil hikmahnya guna memperbaiki langkah-langkah kita untuk menyongsong masa depan yang lebih baik dengan sebuah semangat persaudaraan dan kebersamaan yang disirami oleh cahaya nilai-nilai agama.

Inilah barangkali yang perlu menjadi renungan kita disela-sela kita merayakan Idul Fitri, sehingga hari raya kita tetap menjadi lebih bermakna. Selanjutnya mari kita memohon ampunan, petunjuk dan bimbingan serta pertolongan dari Allah SWT, semoga Allah measukkan kita kedalam hamba-hambanya yang pandai bersyukur, mentaati perintah-nya dan menjauhkan kita dar azab dan siksa-Nya yang sangat pedih.

rabbana firlana dzunubana waliwalidina wal muslimina wal muslimati wal mukminina wal mukminatil ahya’i munhum wal amwat. Rabbana firlana wali ikhwatinal ladzina sabakhuna bil imani wala taj’al fi kulubina khila lilladzina amanu, rabbana innaka ra’ufur rahim”.

Ya Allah, gantilah kesedihan kami dengan kesenangan, jadikan kesedihan itu awal kebahagiaan, dan sirnakan rasa takut dari hati kami menjadi rasa tentram.

Ya Allah, dinginkan panasnya kalbu dengan air keyakinan dan padamkan bara jiwa dengan air keimanan.

Ya Rabby, tuangkan dalam jiwa yang bergolak ini kedamaian, dan ganjarlah dengan kemenangan yang nyata. Wahai Rabby, tunjukkanlah pandangan kami pada cahaya Mu, bimbinglah sesatnya jalan ini ke arah jalan Mu yang lurus dan tuntunlah kami menuju hidayah Mu.

Ya Allah, sirnakan keraguan terhadap fajar yang pasti datang dan memancar terang, dan hancurkan perasaan jahat yang ada di hati kami dengan secercah sinar kebenaran Mu.

Ya Allah, kami berlindung kepada mu dari setiap rasa takut yang mendera, hanya kepada Mu kami bersandar dan bertawakkal, hanya kepada Mu kami memohon, hanya dari Mu-lah semua pertolongan.

Ya Allah, jadikanlah kami imam bagi orang yang bertaqwa, dan satukan hati kami untuk mewujudkan dan membesarkan keagungan Mu.

(Kutipan sebagian bahan Khotbah Bpk. H. Afifi Lubis, SH (Wakil Walikota Sibolga/Pelindung SGBC) dalam Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H bertempat di Lapangan Simare-mare Sibolga)



10 responses to “MENSYUKURI NIKMAT DALAM MENGGAPAI RIDHO ALLAH

  1. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin…
    Semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rahmat dan Kurnia-Nya kepada kita sekalian…Amiin

  2. Assalamualaikum wr.wb

    kami segenap masyarakat sibolga – tapteng yang bergerak didalam komintas cyber sibolga -tapteng mengucapkan

    “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin…”

    Mari kita eratkan tali silaturahmi antara sibolga dan tapanuli tengah.

    Terimakasih.

  3. Assalamualaikum wr.wb

    kami segenap masyarakat sibolga – tapteng yang bergerak didalam komintas cyber ( http://www.chibogacrew.com ) sibolga -tapteng mengucapkan

    “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin…”

    Mari kita eratkan tali silaturahmi antara sibolga dan tapanuli tengah.

    Terimakasih.

  4. Kami bersama-sama para Kerabat Podjok mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Alloh SWT menerima amalan ibadah Puasa Ramadhan kita semua. Amien ya robbal alamien. Salam dari Jogja.

  5. Rasa belum terlambat ingin saya ucapan SELAMAT MENYAMBUT HARI LEBARAN kepada seluruh anggota SGBC.

    Semoga sukses di bawah rahmat ALLAH SWT

  6. Belum telat kan …..
    Kami keluarga besar COC (Classic Onthel Club) Tangerang – Banten mengucapkan Mohon maaf lahir Batin untuk SGBC

  7. manstab…salam dari surabaya

    Salam kenal…!!!”

  8. lebaran….
    buka LEBAR pintu hati
    untuk saling memaafkAN

    “Selamat Lebaran….”

  9. Salam kenal SGBG Sari GOSAR Di Malang, Selamat datang di dunia ” orang Gila” ONTHEL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s